Pengantar Akuntansi

/ Rabu, 03 Oktober 2012 /

Muhammad Abdul Fatah Riduwan
8
KA3



1. (a) Sebutkan pengertian akuntansi ditinjau dari sudut   penggunanya!
Pengertian akuntansi ditinjau dari segi pengguna jasa adalah bidang ilmu yang menyediakan informasi berkaitan dengan keuangan sehingga dapat dilaksanakannya kegatan secara efisien.

     (b) Sebutkan pengertian akuntansi ditinjau dari sudut proses kegiatannya!
Pengertian akuntansi ditinjau dari sudut proses kegiatannya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisaan data keuangan suatu entitas.



2. Siapa sajakah pengguna akuntansi itu dan untuk apakah akuntansi itu bagi setiap pengguna ditinjau darinya?
  1. Manajer. Manager akan membutuhkan inforasi akuntansi untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan perusahaan berdasarkan dari hasil evaluasi ekonominya.
  2. Investor. Investor membutuhkan informasi akuntansi untuk mengetahui perkembangan lembaga yang menjadi tempat ia menanamkan modal. Dan atau memantau lembaga yang akan menjadi lahan investasinya.
  3. Kreditor. Kreditor berkepentingan untuk menganalisa data dan laporan keuangan para claon nasabah kreditnya untuk menentukan pilihan apakah calin nasabah mampu mengembalikan pinjaman pokok dan bunga tepat pada waktunya.
  4. Instansi pemerintah. Dari informasi akuntansi suatu perusahaan atau organisasi, pemerintah dapat menentukan besarnya pajak yang harus dibayar oleh organisasi tersebut.
  5. Organisasi nirlaba. Informasi akuntansi tetap diperlukan untuk melakukan penyusutan anggaran, pembayaran gaji karyawan dan beban beban lainnya.
  6. Pemakai lainnya. Informasi akuntansi juga diperlukan oleh organisasi lainnya seperti organisasi buruh, yang memerlukan informasi akuntansi untuk mengajukan kenaikan gaji, tunjangantunjangan, serta mengetahui kemajuan perusahaan dimana mereka bekerja.


3. (a) Jelaskan tentang akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen!
Akuntansi keuangan adalah informasi keuangan yang bersifat umum untuk berbagai pengguna, yang pengguna itu adalah bagian luar perusahaan.
Akuntansi manajemen adalah informasi keuangan yang btersifat tertutup hanya untuk kalangan manajemen perusahaan guna pengambilan keputusan intern manajemen perusahaan.

    (b) Jelaskan perbedaan keduanya!
                Akuntansi keuangan menyiapakan laporan keuangan umum yang akan digunakan oleh umum sedangkan akuntansi manajemen menyiapkan laporan keuangan yang akan digunakan oleh managemen perusahaan.


4.  Apa sajakah bidang-bidang akuntansi itu? Jelaskan untuk setiap bidang akuntansi!
Akuntansi public. Akuntansi public adalah bidang akuntansi yang memberikan informasi atau pelayanan akuntansi bagi masyarakat.
Akuntansi intern adalah bidang profesi akuntansi yang bekerja untuk perusahaan atau lembaga mengikat lainnya untuk memberikan informasi akuntansi demi kepentingan manajemen perusahaan.


5. Akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang menghasilkan informasi akuntansi dalam bentuk laporan keuangan. Siapa sajakah pengguna dari informasi yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan tersebut?
  1. Pemilik perusahaan
  2. Kreditor perusahaan
  3. Pemerintah
  4. Karyawan
  5. Pelanggan
               

6. Tiga fungsi apa sajakah yang ada dalam akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen? Jelaskan!
Akuntansi keuangan
  1. Pemilihan dan pencatatan data. Menghimpun data keuangan perusahaan yang dilakukan.
  2. Analisis data.
  3. Penyiapan laporan bagi pengguna. Menyiapkan dan pembuatan laporan keuangan sesuai kebutuhan dari calon pengguna.

Akuntansi manajemen
  1. Pemilihan dan pencatatan data. Menghimpun data keuangan perusahaan yang dilakukan.
  2. Analisis data.
  3. Menyiapkan laporan bagi manajemen. Menyiapkan dan pembuatan laporan keuangan untuk kebutuhan manajemen meliputi perencanaan operasi perusahaan jangka pendek dan rencana operasi jangka panjang.


7.  Jelaskan perbedaan antara akuntansi internal dengan akuntansi publik!
                Akuntansi internal melakukan pekerjaan akuntasi secara khusus untuk satu perusahaan atau organisasi yang mengikat kontak padanya, sedangkan akuntansi public melakukan pekerjaan akuntansi sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang menyewanya dan ia tidak terikan pada satu lembaga atau organisasi.


8.  Dapatkah pekerjaan akuntan digantikan dengan komputer? Jelaskan!
                Tidak dapat.
                Karena sebagimanapun suatu computer dengan perangkat lunaknya tidak akan dapat secara maksimal mengoperasikan kegiatan akuntansi tanpa dioperasikan oleh pengguna atau seseorang yang memiliki keahlian akuntansi.


9.  Suatu organisasi akan selalu berkaitan dengan kegiatan keuangannya. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis perusahaan danjenis-jenis organisasi perusahaan yang biasa terjadi dalam praktik serta jelaskan pula perbedaan antara masing-masing bentuk organisasi tersebut!
Perusahaan manufaktur. Adalah jenis perusahaan yang mengolah bahan mentah dan atau bahan baku menjadi barang jadi untuk dijual pada konsumen. Contoh perusahaan manufaktur :
  • PT Gudang Garam dengan produk rokok.
  • PT Unilever dengan produk barang-barang konsumsi.
Perusahaan dagang. Adalah jenis perusahaan yang menjual produk tanpa melakukan proses pembuatan ataupun mengubah bentuk dari produk yang akan dijualnya. Contoh perusahaan dagang adalah Alfamart, Alfa, Hero, dan sebagainya.
Perusahaan jasa. Adalah jenis perusahaan yang menghasilkan jasa, bukan barang atau produk yang kasat mata. Contoh perusahaan ini adalah Hotel, Biro jasa, Travel, dan sebagainya.


10. Untuk setiap bisnis yang terdaftar di bawah ini, kelompokkan kedalam jenis perusahaannya! Apakah perusahaan jasa, perusahaan dagang, atau perusahaan manufaktur?
     a. Hotel – perusahaan jasa
     b. Toko gudang rabat – perusahaan gadang
     c. Dokter gigi  - perusahaan jasa
     d. Bank – perusahaan jasa
     e. Perusahaan Rokok – perusahaan manufaktur

0 Coment:

Posting Komentar

Silahkan komentar ^.^

>> Flow >>

 
Copyright © 2010 WinD™, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger